Thursday, October 25, 2012

Langkah Awal dalam Mencari Uang di Internet



Kita telah mengetahui bahwa ada lima cara yang digunakan untuk mencari uang di internet. Lalu kita harus memulai dari mana? Tidak mungkin kita melakukan kelima hal tersebut secara bersamaan. Stuart Tan menyarankan untuk memulai dari menjual produk atau layanan orang lain dan membuat blog. Kalau saya diminta untuk memilih salah satunya, saya memilih membuat blog. Mengapa? Karena membuat dan mengelola blog sangat mudah dan murah. Saat ini ada begitu banyak program yang dapat digunakan untuk membuat blog. Contohnya Blogspot dan WordPress. Bahkan di Facebook sekalipun, kita dapat membuat blog. Tapi saya tidak merekomendasikan blog di Facebook. Karena kendala SEO. Apa itu SEO? Suatu saat nanti akan kita bahas.
Alasan kedua mengapa memilih blog adalah karena menjual produk dan layanan, baik milik sendiri, milik orang lain maupun melalui lisensi terlalu beresiko. Resiko yang pertama adalah masalah hak cipta. Indonesia tidak seperti Amerika Serikat. Di sana karya intelektual sangat dihargai. Sehingga orang-orangnya enggan untuk membajak. Kalau di Indonesia? Sebuah ebook seharga $100 dapat dengan mudah Anda temukan di rapidshare. Produk intelektual di Indonesia sangat tidak dihargai. Sudah buatnya susah, nggak laku-laku pula. Terang aja nggak laku. Kalau bisa dapat gratis di rapidshare, ngapain beli?
Resiko yang kedua adalah penipuan. Coba Anda ketikkan kalimat “cari uang di internet” atau “kerja di internet” di Google. Apa yang Anda temukan? Daftar penipu! Ya. Sebagian besar dari mereka adalah penipu. Mengapa ada begitu banyak penipu di internet? Karena banyak orang rakus yang ingin cepat kaya. Mereka memanfaatkan minimnya pengetahuan masyarakat tentang internet demi keuntungan mereka semata.
Alasan ketiga mengapa memilih blog adalah karena membuat portal tidak mudah. Anda perlu memahami bahasa HTML dan PHP. Memang sih, ada program CMS seperti Joomla. Tapi pengaturannya jauh lebih sulit dibandingkan dengan WordPress maupun Blogspot. Selain itu, saingannya kelas kakap, seperti Detik.com dan OkeZone.com. Mereka memiliki modal yang banyak. Sehingga mereka mampu membayar biaya promosi yang tinggi.
Alasan keempat mengapa memilih blog adalah karena blog adalah salah satu cara untuk menyalurkan dan mengembangkan minat dan bakat yang Anda miliki. Dengan blogging Anda dapat bertukar pikiran dengan orang lain yang memiliki minat dan bakat yang serupa dengan Anda. Sehingga pengetahuan dan kemampuan Anda juga akan bertambah. Istilahnya melalui blog, hobi menjadi uang.
Alasan yang terakhir dan yang terpenting adalah karena Blog merupakan media promosi yang sangat efektif. Blog merupakan media promosi yang bersifat personal. Inilah yang menyebabkan banyak perusahaan yang membuat blog. Mereka ingin menjalin keakraban dengan konsumen. Selain itu, blog juga merupakan alat ‘merayu’ konsumen yang sangat efektif.
Intinya adalah blog merupakan media pembelajaran awal bagi seseorang yang ingin berbisnis di internet. Melalui blog kita dapat mengetahui istilah-istilah dan trik-trik yang sering digunakan di dalam bisnis internet. Sehingga saat mulai menjual produk atau membuat portal, kita menjadi lebih mudah beradaptasi. Selain itu, dengan memiliki blog sebagai media promosi, proses penjualan akan lebih mudah dilaksanakan.
Sudah jelas mengapa kita harus memulai dengan membuat blog? Sekarang yang perlu kita pelajari adalah bagaimana cara membuat blog.

No comments:

Post a Comment